MS EXCEL 2007

MENGENAL WORKBOOK DAN WORKSHEET MICROSOFT EXCEL 2007

Secara teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.

Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.

cara menambahkan workbook microsoft excel 2007
Cara 1:
  • Klik Office Button ( ) yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
  • Pilih New.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank Workbook.
  • Klik Create
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.
Cara menambahkan worksheet microsoft excel 2007
Cara 1:
Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:
Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
  • Klik kanan pada salah satu tab worksheet
  • Pilih Insert
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
  • Klik OK.
Cara Mengganti Nama Worksheet
Cara 1:
  • Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
  • Pilih Rename.
  • Ketikkan nama baru.
Cara 2:
  • Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
  • Ketikkan nama baru
Cara Menghapus Worksheet
  • Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus
  • Pilih Delete

Cara membuka workbook microsoft excel 2007

Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Open.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Klik Open
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Klik Open
Cara menyimpan workbook
Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Save.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  • Klik Save
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  • Klik Save
Cara menutup workbool microsoft excel 2007

Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Close.
Cara 2:

Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
Cara 3:

Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.


Ada 3 toolbar dalam Microsoft Excel, antara lain :

1.
Toolbar Standar

Tool Bar Standar adalah sederetan icon-icon yang sering digunakan. Toolbar ini digunakan agar dapat memilih dan menjalankan perintah dengan cepat dan mudah
Memasukan Data Angka ,Menyunting Isi Sel dan Menghapus Isi Sel.

Contohnya :

  1. New                        :     Membuat file baru dengan menampilkan buku kerja baru
  2. Open                       :     Membuka file yang sudah pernah disimpan
  3. Save                        :     Menyimpan file atau dokumen
  4. E-mail                      :     mengirim dokumen melalui email
  5. Search                    :     mencari text atau data pada lembar kerja
  6. Print                        :     Mencetak dokumen ke printer
  7. Print Preview       :     Menampilkan hasil pengetikan kelayar monitor
  8. Spelling                  :     Melakukan koreksi terhadap ejaan bahasa
  9. Cut                           :     Memotong teks ataupun object
  10. Copy                        :     mengopi teks atau object
  11. Paste                       :     Menempatkan hasil potongan(cut) atau kopian
  12. Format Painter    :     Mengopi format painter (bentuk pewarnaan)
  13. Undo                       :     Membatalkan perintah terakhir
  14. Redo                       :     Mengulangi kembali perintah akibat pembatalan
  15. Insert Hyperlink  :     Menyisipkan link
  16. Auto sum              :     Fungsi penjumlahan data secara otomatis
  17. Sort Ascending    :     Mengurutkan data dari yang kecil ke besar
  18. Sort Descending:     Mengurutkan data dari yang besar ke kecil
  19. Chart wizard         :     Membuat grafik dengan panduan excel
  20. Drawing                 :     Mengaktifkan/menyembunyikan toolbar drawing
  21. Zoom                      :     memperbesar/memperkecil tampilan lembar kerja

2. Toolbar Formatting
Toolbar Formatting adalah toolbar yang sering kita gunakan yang

berfungsi dalam hal memformat lembar kerja, apakah itu rata kiri, kanan

atau rata tengah, kita juga bisa cetak tebal, miring atau bergaris bawah, semua ini adalah bagian dari proses memformat lembar kerja.

Contohnya :
  1. Font                                 :           Menentukan jenis font yang digunakan
  2. Font Size                        :           Menentukan ukuran font
  3. Bold                                 :           Menebalkan teks
  4. Italic                                 :           Memiringkan teks
  5. Underline                      :           Menggaris bawahi teks
  6. Left                                  :           Perataan kiri teks
  7. Center                            :           Perataan tengah teks
  8. Right                                :           Perataan kanan teks
  9. Merge & Center         :           Menggabungkan sel dan mengetengahkan teks
  10. Currency Style             :           Mengaktifkan format angka(mata uang)
  11. Percent Style               :           Mengaktifkan format persen.
  12. Comma Style               :           Mengaktifkan pemisah angka
  13. Increase Decimal        :           Menambah angka desimal di belakang
  14. Decrease Decimal      :           Mengurangi angka desimal di belakang
  15. Increase Indent          :           Menambah indentasi
  16. Decrease Indent        :           Menambah indentasi
  17. Borders                          :           Membuat format garis
  18. Fill Color                         :           Membuat warna background
  19. Font Color                     :           Membuat warna font

3. Toolbar Drawing

Toolbar Drawing digunakan untuk membuat dan menggambar object dalam lembar kerja microsoft Excel.
  1. Select Object                       :           Memilih object
  2. AutoShapes                         :           Terdiri atas ikon-ikon untuk untuk menggambar suatu objek
  3. Line                                          :           membuat garis
  4. Arrow                                     :           membuat garis dengan anak panah
  5. Rectangle                              :           Membuat atau persegi panjang
  6. Oval                                         :           Membuat lingkaran dan elips
  7. Text Box                                :           membuat kotak yang dapat diisi dengan teks
  8. Insert Word Art                  :           menyisipkan seni teks
  9. Insert diagram                     :           menyisipkan diagram
  10. Insert clip art                        :           menyisipkan object gambar clip art
  11. Insert Picture                       :           menyisipkan file gambar
  12. Fill  Color                                :           membuat warna background pada sel/range
  13. Line color                               :           memberi warna pada object garis
  14. Font color                              :           membuat warna pada font
  15. Line Style                               :           Memilih model garis
  16. Dash Style                             :           memilih model garis putus-putus
  17. Arrow kay                             :           membuat anak panah pada object garis
  18. Shadow Style                       :           membuat model bayangan pada objek
  19. 3-D Style                                :           membuat model 3 dimensi pada objek gambar


1.     Memasukan Data Angka

Apabila kita mengetikan angka yang panjang, maka sel akan menampilkan karakter ########### atau notasi ilmiah (misal : 1, 23E+12).

Hal ini disebabkan lebar kolom terlalu kecil untuk menampilkan seluruh angka. Cara mengatasinya dengan melebarkan kolom, yaitu klik batas kolo, kemudian geser ke kanan.

2.     Menyuting Isi sel
Untuk menyunting karakter tertentu pada suatu sel, kita dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.
(1) Pilih sel, tekan F2, lakukan perubahan dan tekan Enter.
(2) Pilih sel, klik data yang akan di suting pada bagian formula bar. Lakukan perubahan dan teka Enter.
(3) Pilih dua kali sel yang akan di suting, lakukan perubahan dan tekan Enter.

3.     Menghapus Isi Sel
Untuk menghapus isi sel, pilih sel kemudian teka tombol Delete atau Backspace. Ketika kita menghapus isi sel dengan tombol Delete atau Backspace, Microsoft Excel hanya akan menghapus isi sel tersebut tanpa menghapus format sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar