PROGRAM PENGOLAH KATA

Membuat Nomor Halaman Pada Dokumen
  1. Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number.
  2. Pilih letak nomor halaman:
    • Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian atas (header).
    • Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah (footer).
    • Page Margins, untuk menempatkan nomor halaman di dekat marjin halaman.
    • Current Position, untuk menempatkan nomor halaman di posisi kursor.
  3. Klik bentuk nomor halaman yang diinginkan dari galeri.
  4. Tutup header/footer dengan mengklik ganda pada area dokumen atau klik tombolClose Header and Footer.
    Merubah Format Nomor Halaman
    Misalnya, merubah dari format 1,2,3 ke format i,ii,iii.

  5. Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkanHeader & Footer Tools.
  6. Pada Design tab, Header & Footer, klik Page Number, dan kemudian klik Format Page Numbers.
  7. Di kotak dialog PageNumber Format, bagian Number format, klik tanda panah dan pilih gaya penomoran yang diinginkan.
  8. Klik OK.

    Mencetak Dokumen
    1.  Menampilkan dokument sebelum di cetak

         Sebelum mencetak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu guna memastikan

         bahwa hasil cetakannya nanti sesuai dengan yang diinginkan. Kita dapat

         menggunakan Print Preview, untuk menampilkan seluruh halaman, satu, dua atau

         beberapa halaman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.


         1. Buka dokumen yang akan di print

         2. Klik tombol Microsoft Office Button
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT65jtiwjjFkYoqm13ENukArFx2fYwJnHBaXbeOEQSVLPwuizw1BUvLZsqISl5LQfSzbvOUgJOkUDTQg0CnWUSdLFVyR_TpyDGL2h0J5tSt3jBhrAJBKTXQ__zQYAiyPv-8ilUoZCuxhDc/s1600/print.jpg
    Langkah Print Preview
         3. Pilih tombol Print kemudian pilih dan klik tombol Print Preview
         4. Selanjutnya tampilan akan seperti berikut ini
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDETqMzXlocIu9jWT6z4SPZBeJ0C4o59zZTBa3p3ESEY50m_6mm7hgtb-m0cgo9bridbkG_CZN8KIo6T63R_ZMcfQNmLqv3doHdDqcHPhyIO5ivshSj6vXinES8KyfGNInOeZEVJjaWijU/s1600/printpreview.jpg
    Tampilan

    2.  Mencetak dokumen

         Setelah memastikan bahwa dokumen yang telah kamu kerjakan sudah benar,
         selanjutnya kamu dapat mencetaknya ke dalam kertas dengan menggunakan printer.
         Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
    1. Buka dokumen yang akan diprint

    2. Klik tombol Microsoft Office Button

    3. Pilih tombol Print kemudian pilih dan klik tombol Print (Ctrl + P)
    4. Lakukan pengaturan sesuai dengan printer yang kamu miliki pada kotak dialog
         print


    5.  Kemudian akan tampil kotak dialog Print. Tentukan setting percetakan sebagai berikut
             a. Print, Name : untuk menentukan nama printer pencetak yang digunakan
             b. Page Range : halaman yang akan dicetak
             c. All  :  semua halaman
             d. Current page : halaman yang aktif

    6. Pages  :  nomor-nomor halaman tertentu yang dicetak
             a. Satu (1) :  mencetak halaman 1
             b. 2, 7 :  mencetak halaman 2 dan 7
             c. 5-20 : mencetak halaman 5 sampai dengan 20

    7.  Print What : untuk menentukan apa yang akan dicetak

    8. Print  :  pilihan halaman yang akan dicetak
             a. All Pages In Range : semua halaman
             b. Odd Pages  :  halaman-halaman nomor ganjil
             c. Even Pages  : halaman-halaman nomor genap
             d. Number of Copies : rangkap catak

    9. Akhiri dengan menekan OK, untuk memulai mencetak ke kertas.


    1. Menyisipkan Tabel Microsoft Word 2007


    Dalam pembuatan tabel, seyogyanya lebih dahulu diketikkan judul tabelnya, baru kemudian letakkan kursor pada posisi di bawah judul tabel. Langkah-langkah pembuatan tabel dalam Word 2007 adalah melalui tab Insert, kemudian klik Table hingga muncul jumlah kotak yang diinginkan. Langkah berikutnya adalah klik dan drag kotak-kotak sesuai jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Selain itu, cara yang lain dapat juga dilakukan dengan cara klik Insert Tabel untuk menentukan jumlah kolom dan barisnya. Klik OK untuk memunculkan tabel yang dibuat. Perhatikan kotak dialog Insert Table berikut ini dan klik OK.
    Gambar 5.63. Tab Insert Table dalam Microsoft Word 2007
    Gambar 5.63. Tab Insert Table dalam Microsoft Word 2007

    2. Mengelola Tabel Microsoft Word 2007


    Saat pertama kali membuat tabel dalam dokumen, semua kolom maupun baris masih dalam keadaan standar sehingga perlu dikelola sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
    a. Mengubah ukuran kolom dan baris Word 2007

    Proses pengaturan lebar kolom atau baris amatlah mudah. Letakkan kursor pada garis pemisah kolom yang akan dilebarkan, kemudian pastikan kursor berubah bentuk menjadi kursor Setelah itu, tekan dan geser (drag) ke kanan untuk melebarkan dan ke kiri untuk mengecilkan kolom. Jika menginginkan pengaturan kolom dengan lebar yang sama, caranya adalah blok kolom/baris yang akan dilebarkan. Kemudian klik menu Layout lalu pilih Autofit, selanjutnya ubahlah ukuran Distribute Columns (terletak di atas submenu Autofit) untuk lebar kolom dan Distribute Rows untuk tinggi baris. Perhatikan gambar berikut ini.

    Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris

    Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris

    b. Menyisipkan kolom dan baris Word 2007

    Jika menginginkan tambahan kolom atau baris karena jumlah kolom atau barisnya kurang pada saat pembuatan tabel, maka Anda dapat mengawali dengan pengeblokan sel atau cukup meletakkan kursor pada sel yang akan disisipkan. Cara untuk menyisipkan kolom atau baris adalah letakkan kursor pada kolom atau baris yang akan disisipkan, kemudian klik kanan pada kolom atau baris yang disorot tersebut. Jika Anda ingin menambahkan satu buah baris di bawah baris terakhir, maka cukup letakkan kursor di belakang cell terakhir tabel. Kemudian tekan enter, maka Anda akan mendapatkan 1 buah baris kosong.

    Gambar 5.65. Langkah untuk menyisipkan kolom atau baris

    Gambar 5.65. Langkah untuk menyisipkan kolom atau baris

    c. Menghapus kolom dan baris Word 2007


    Anda dapat menghilangkan kolom atau baris yang tidak diperlukan, dengan cara blok baris atau kolom yang akan dihapus, kemudian klik kanan pada baris atau kolom yang akan dihapus. Klik Delete untuk menghapus kolom atau baris yang dipilih.


    Gambar 5.66. Perintah Delete Columns untuk menghapus kolom

    Gambar 5.66. Perintah Delete Columns untuk menghapus kolom
    Selain cara tersebut di atas baris atau kolom dapat dihapus dengan cara blok baris atau kolom yang akan dihapus, kemudian klik tab Layout (tab ini akan muncul pada saat Anda menyorot kolom atau baris).


    Gambar 5.67. Submenu Delete terletak pada tab Layout

    Gambar 5.67. Submenu Delete terletak pada tab Layout
    d. Menggabungkan Sel Word 2007

    Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel dapat membantu pada saat membuat judul tabel dan dapat membagi kolom dan baris tabel sehingga membentuk sel yang diharapkan. Perintah untuk menggabungkan sel adalah Merge Cells, caranya adalah blok sel yang akan digabung kemudian Klik kanan dan pilih Merge Cells. Seperti pada gambar 5.66 Cara lain untuk menggabungkan beberapa sel adalah dengan memblok sel yang akan digabung. Kemudian, klik tab Layout dan pilih submenu Merger lalu pilih Merge Cells.


    Merge Cells.
    Perhatikan tabel berikut yang merupakan hasil merge sel.


    hasil merge sel.

1 komentar: